15 Cara Mengobati Bronkitis [ Paru-Paru Basah ] Hingga Sembuh 100%

susu kambing etawa susu kambing etawa

15 Cara Mengobati Bronkitis [ Paru-Paru Basah ] Hingga Sembuh 100%

Banyak cara mengobati bronkitis [ paru-paru basah ] dengan cara alami sampai sembuh. Bronkitis merupakan penyakit yang terjadi akibat infeksi virus iritasi dan virus peradangan pada sistem saluran pernafasan yaitu paru-paru sehingga mengakibatkan terjadinya inflamasi [ peradangan ] selaput lendir pada saluran bronkial, pada artikel terbaru kali ini akan membahas "15 cara mengobati bronkitis [ paru-paru basah ] hingga sembuh 100%" yang bisa anda coba di rumah sebagai cara mengobati bronkitis secara alami dan efektif sehingga anda akan mendapatkan kesehatan yang baik secara alami.

cara mengobati bronkitis

Penyakit bronkitis [ pneumonia ] memiliki gejala awal seperti susah bernafas, jantung berdetak lebih cepat, otot terasa nyeri, mual-mual, batuk yang kering, bagian dada terasa sakit, demam dan gejala lainnya, gejala-gejala tersebut perlu anda waspadai sehingga anda dapat segera melakukan penanganan secara alami menggunakan manfaat susu kambing sebagai pencegahan terhadap gejala paru-paru basah yang terjadi pada diri anda.

Bila anda penderita bronkitis sebaiknya baca artikel ini sampai selesei agar anda mendapatkan solusi untuk cara mengobati bronkitis yang anda derita tetapi bila anda bukan penderita bronkitis sebaiknya tetap membaca juga agar mengetahui gejala awal, jenis penyakit bronkitis, cara mengobati paru-paru basah yang dapat anda gunakan untuk orang lain serta langkah waspada dengan mengetahui gejala awalnya.

2 Jenis Penyakit Bronkitis [ Paru-Paru Basah ]

√ Penyakit Bronkitis Kronis

Bronkitis jenis kronis terjadi karena adanya infeksi bronkus yang tidak kunjung hilang dan mampu bertahan 3 bulan lebih per tahunnya yang banyak di derita oleh semua orang di usia 40 tahun ketatas, penyebabnya adalah dari polusi udara, juga asap rokok dan lain sebagainya.

Setiap anda merokok akan memiliki resiko yang dapat merusak bulu mungil [ bulu paru ] di dalam paru-paru. Bulu paru bekerja untuk membersihkan lendir, iritasi dan debu sehingga bila anda terus merokok dapat merusak bulu paru dan dinding lapisan bronkus dan menyebabkan lendir, iritasi, debu tidak dapat di bersihkan dan pada akhirnya terdapat tumpukan sampah atau kotoran pada paru-paru anda yang mebuat saluran sistem pernafasan musah terinfeksi virus.

√ Penyakit Bronkitis Akut

Bronkitis jenis akut sering di alami anak usia 5 tahun ke bawah akibat kekebalan tubuh yang kurang baik dan debu serta polusi yang membawa virus sehingga dapat menginfeksi sistem saluran pernafasan selama 2 minggu sampai 1 bulan.

Bronkitis akut berawal dari paru-paru yang terinfeksi oleh virus sehingga terjadanya peradangan selaput lendir pada saluran bronkial mengakibatkan bronkus memproduksi lendir berlebihan yang dapat di keluarkan dengan cara batuk-batuk.

Bila tidak segera melakukan penangnan secara cepat komplikasi yang terjadi adalah terjadinya penyebaran infeksi ke dalam paru-paru lebih dalam sehingga dapat menyebabkan cairan memenuhi kantong udara di dalam paru-paru dan bisa di nyatakan positif pneumonia, segera lakukan langkah pencegahan sebelum semua itu terjadi pada paru-paru anda.

Cara Mengobati Bronkitis Secara Alami

√ Minum Susu Kambing Etawa

susu kambing etawa

Cara mengobati bronkitis menggunakan alternatif susu kambing etawa yang mengandung kalium memang sudah banyak di lakukan dan hasilnya sesuai dengan yang di harapkan karena susu kambing etawa memiliki kandungan alami yang dapat membantu dalam mencegah dan menghambat infeksi virus peradangan serta iritasi untuk merusak lebih jauh dan menyebar ke bagian tubuh lainnya.

Selain itu bila rutin mengkonsumsi susu kambing etawa yang merupakan obat bronkitis paling ampuh yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh dengan sempurna sehingga dapat memberikan cara pencegahan yang hebat terhadap serangan dari infeksi berbagai macam virus yang mengganggu kesehatan.

Yang perlu anda lakukan adalah rajin minum susu kambing etawa karena bila itu tidak anda lakukan tidak akan dapat membantu kesembuhan paru-paru basah yang anda derita akibat tidak adanya penanganan dalam pencegahan dan penyebaran virus iritasi dan peradangan  yang terus berkembang.

√ Istirahat Secukupnya

Menurut penelitian sleep journal foundation [ september 2015 ] bahwa "orang yang kurang istirahat [ tidur ] memiliki resiko terinfeksi virus influinza bila di bandingkan dengan orang yang memiliki waktu istirahat yang cukup dan berkualitas".

Menurut dokter amy rothenberg [ american association of naturopathic ] bahwa "untuk mencegah dan melawan infeksi virus termasuk penyakit bronkitis sangat membutuhkan waktu istirahat yang cukup agar sistem tubuh dapat mengembalikan energinya sehingga tubuh yang kurang waktu istirahat memiliki resiko influinza yang sering menjadi penyebab gejala bronkitis".

√ Minum Jus Jeruk

jeruk nipis

Jeruk memiliki kandungan mineral dan vitamin alami sehingga dapat membantu pencegahan bronkitis serta sebagai cara mengobati bronkitis kronis dan akut secara alami dan membuat tenggorokan di saluran pernafasan lebih segar.

Anda dapat beli atau membuat jus jeruk sendiri sesuai selera tetapi alangkah baiknya menggunakan jeruk nipis sehingga manfaat jeruk nipis lebih bagus untuk anda gunakan sebagai langkah pencegahan bronkitis dan penyembuhannya kerena kandungan jeruk nipis lebih lengkap di banding jeruk biasa.

√ Minum Air Putih

Mengkonsumsi banyak air putih dapat membantu dalam pencegahan bronkitis dan sebagai obat bronkitis paling ampuh karena alami sehingga sistem tubuh yang sudah terhidrasi dapat mebantu mengurangi lendir-lendir yang berlebihan di saluran bronkial tubuh anda.

Dengan mengkonsumsi air putih yang banyak minimal 2 liter dalam 1 hari dapat menggantikan cairan tubuh yang telah habis karena kondisi peradangan yang terus berlangsung tetapi hindari mengkonsumsi makanan atau minuman yang memperburuk keadaan penyakit paru-paru basah.

√ Berhenti Minum Alkohol

Alkohol merupakan pemicu terbesar  yang mengakibatkan penyakit bronkitis lebih parah karena alkohol memiliki kandungan zat berbahaya bagi penderita bronkitis sehingga infeksi yang di timbulkan semakin meningkat.

Untuk melakukan cara mengobati bronkitis sebaiknya anda berhenti minum alkhohol karena selain tidak baik untuk penyakit bronkitis yang anda derita dan juga tidak baik untuk kesehatan tubuh yang lainnya sehingga alkohol dapat menyebabkan berbagai penyakit akibat zat berbahaya di dalam alkohol.

√ Tumbuhan Ceplukan

Anda tahu ceplukan? bagi orang desa mungkin sudah tidak awam lagi, biasanya tumbuhan ini hidup di sawah bersamaan dengan tanaman padi dan kacang tanah atau juga di pekarangan belakang rumah, anda mudah menemukannya.

Ternyata tumbuhan ceplukan yang kurang terkenal ini juga memiliki manfaat bagi penyakit bronkitis yang dapat anda terapkan dengan memekannya secara rutin, kandungan ceplukan sangat baik dan merupakan obat bronkitis paling ampuh yang bisa anda manfaatkan.

√ Berkumur Air Garam

Garam yang biasanya anda gunakan untuk memasak di dapur sebagai campuran bahan makanan ternyata bagus untuk membantu perawatan penyakit bronkitis sebagai penyegaran alami saluran pernafasan.

Anda bisa menggunakan air garam sebagai cara mengobati bronkitis dengan sangat sederhana dengan rajin berkumur setiap hari menggunakan air garam, pasti anda bisa membuatnya dengan 1 gelas air di campuri garam dan di aduk hingga larut, selain dapat menyegarkan pernafasan juga dapat membantu meringankan pernafasan dan nyeri dada akan lebih lega.

√ Minum Madu Asli

manfaat madu asli

Madu merupakan alternatif cara mengobati bronkitis selanjutnya, di sini anda harus menggunakan madu yang asli karena manfaat madu asli memiliki kandungan viramin, mineral, kalium dan kandungan anti bakteri yang masih original khasiatnya.

Cara mengobati bronkitis dengan madu asli akan membantu anda dalam pencegahan bronkitis serta mambantu dalam pengobatannya, cara penggunaanya adalah campur madu secukupnya dengan air hangat dalam gelas lalu anda minum, lakukan ini secara rutin agar saluran pernafasan anda yang mengalami peradangan dapat di minimalisir serta terdapat membersihkan cairan lendir yang terdapat pada saluran pernafasan.

√ Susu Bawang Putih

Cara mengobati bronkitis dengan bawang putih dapat anda lakukan karena bawang putih memiliki kandungan anti-mikroba yang sangat bagus untuk membantu dalam menghancurkan bakteri, virus dan jamur yang berada pada saluran sistem pernafasan tubuh anda.

Cara penggunaannya anda bisa langsung memakannya, tetapi tidak mungkin pasti akan sangat panas sekali di mulut anda tetapi tidak apa-apa kalau anda mau yang penting jangan terlalu banyak, secukupnya saja.

Anda bisa membuat minuman susu brambang dari bahan dasar bawang putih yang sudah di lumatkan dan di campur dengan susu, anda bisa menggunakan susu kambing etawa, mencampurnya di dalam gelas dengan air hangat gelas sehingga anda dapat meminumnya secara rutin.

Atau dengan menghaluskan bawang putih yang bisa anda jadikan obat oles yang bisa anda oleskan pada bagian dada dan leher sehingga pernafasan akan lebih ringan.

√ Memakai UAP Buatan

Cara mengobati bronkitis selanjutnya menggunakan uap buatan yang bertujuan agar aroma uap yang di campur dengan beberapa bahan lain bisa anda hirup sehingga saluran penfasan akan mengalami penyegaran dan ini sangat bagus untuk penyakit paru-paru basah.

Cara membuat dan melakukannya sangat mudah berikut :

Rebuslah air putih secukupnya hingga air rebusan mendidih.

Ketika air rebusan sudah mendidih bisa anda campurkan dengan jeruk nipis, minyak kayu putih, minyak lemon dan jenis minyak lainnya yang memiliki aroma yang khas.

Hirup beberapa kali ramuan uap tersebut setiap kali pembuatan agar nafas anda lebih lega dan nyaman, lakukan hal ini secara rutin agar dapat menjadi terapi uap yang sempurna untuk kesehatan paru-paru anda.

√ Ramuan Kacang Tanah

Cara mengobati bronkitis dengan kacang tanah juga dapat anda lakukan dengan rutin mengkonsumsi ramuan kacang tanah akan membantu dalam menyembuhkan bronkitis dengan sangat alami.

Siapkan kulit kacang tanah, bukan kacangnya ya tapi kulitnya, siapkan secukupnya.

Rebus kulit kacang tanah hingga mendidih, jangan lupa campurkan madu asli.

Setelah itu saring air ramuan kacang tanah hingga bersih.

Minum dan lakukan cara ini secara teratur 3 kali dalam sehari.

√ Ramuan Jahe Nanas

Cara mengobati bronkitis dengan cara ini akan lebih baik anda lakukan karena akan dapat membantu sebagai obat penenang pada selaput lendir yang terjadi peradangan di bagian saluran sisitem pernafasan anda.

Jahe merupakan tanaman yang sudah banyak di kenal jadi anda mudah mendapatkannya, jehe memiliki kandungan yang dapat membantu menenangkan peradangan pada saluran pernafasan anda.

Sedangkan buah nanas memiliki kandungan enzim bremolain yang dapat membantu mengurangi efek peradangan di dalam saluran pernafasan, selain itu juga dapat membantu meringankan batuk berdaha pada gejala awal.

Anda bisa menyiapkan jahe yang sudah di tumbuk halus dan potongan nanas kecil-kecil.

Rebuslah semua bahan tersebut dengan air secukupnya hingga mendidih.

Setelah itu anda bisa menyaring air ramuan jahe nanas dengan saring dan wadah bersih.

Usahakan membuatnya tidak terlalu banyak tetapi membuatnya cukup untuk di konsumsi dalam 3 hari, dalam sehari di minum 3 kali, setelah habis 3 hari baru membuatnya lagi, minumlah secara rutin untuk mendapatkan khasiat terbaik untuk penyakit bronkitis yang anda derita.

√ Jus Sayur - Sayuran

Sayur - sayuran yang memiliki kandungan yang baik bisa anda gunakan sebagai cara mengobati bronkitis, banyak sekali yang bisa anda pilih seperti sayur bayam, wortel, mentimun dan sayuran lainnya.

Anda dapat mencampur beberapa sayuran tersebut untuk di blender.

Dengan komposisi 3 : 2 : 1 yaitu 3 wortel : 2 bayam : 1 mentimun.

Komposisi yang paling banyak wortel dan paling sedikit mentimun, buatlah komposisi seperti itu.

Lalu blender hingga halus, setelah halus bisa anda komsumsi, minumlah secara rutin.

√ Makan Sup Ayam Kampung

Penelitian dari university of nebraska menghasilkan bahwa "dengan mengkonsumsi sup ayam dalam konsisi masih hangat memiliki sifat anti inflamasi yang dapat membantu dalam mendukung melawan terjadi infeksi saluran sistem pernafasan.

Anda dapat mengkonsumsi sup ayam yang lezat tersebut tetapi jangan terlalu banyak, walaupun tidak dapat di gunakan sebagai cara mengobati bronkitis secara alami tetapi setidaknya membantu dalam mengurangi peradangan selaput lendir pada saluran bronkial.

Penelitian dari university of nebraska menghasilkan bahwa "dengan mengkonsumsi sup ayam dalam konsisi masih hangat memiliki sifat anti inflamasi yang dapat membantu dalam mendukung melawan terjadi infeksi saluran sistem pernafasan.

√ Berhenti Merokok

Perokok juga memiliki resiko infeksi peradangan penyakit bronkitis tetapi bahaya rokok bagi kesehatan juga akan berdampak lebih besar terhadap orang di sekitarnya karena polusi udara oleh asap rokok yang menjadi penyebab infeksi tersebut.

Cara mengobati bronkitis yang anda derita dengan berhenti merokok dan jauhi orang-orang yang suka merokok karena asap rokok tersebut yang sangat berbahaya bagi kesehatan karena mengandung banyak zat-zat berbahaya bagi kesehatan dan merupakan penyebab dari penyakit bronkitis.

Sehingga dengan berhenti merokok anda dapat menyelamatkan diri anda sendiri dari penyakit bronkitis dan penyakit lainnya akibat asap rokok serta juga dapat menyelematkan orang lain dari serangan infeksi yang menyebabkan selaput lendir mengalami peradangan pada saluran bronkial.

Sebagai penderita paru-paru basah [ bronkitis ] sebaiknya anda berhati-hari dalam mengkonsumsi makanan serta minuman yang menjadi pantangan orang yang mempunyai penyakit bronkitis, hindari mengkonsumsi makanan dan minuman yang dapat memicu kerusakan lebih besar. Selain itu jagalah pergaulan anda agar pernafasan anda tetap steril dari asap rokok, debu dan polusi udara yang menjadi penyebab utama dan pemperburuk keadaan bronkitis anda.

Dan bila nanti penyakit bronkitis anda dapat di sembuhkan sebaiknya tetap melakukan langkah pencegahan dengan tetap memenuhi nutrisi tubuh anda dengan baik, anda bisa memakai manfaat susu kambing etawa yang dapat memberikan nutrisi cukup untuk kesehatan anda, selain itu menjaga pola hidup sehat dan berhenti dari kebiasaan buruk yang mengganggu kesehatan.

Semoga artikel "15 cara mengobati bronkitis [ paru-paru basah ] hingga sembuh 100%" dapat memberi solusi terbaik atas kesehatan paru-paru anda dengan cara mengobati paru-paru basah [ bronkitis ] sesuai refrensi pada uraian artikel di atas sehingga akan tercipta kesehatan paru-paru anda dengan baik.

Apakah artikel cara mengobati bronkitis ini bermanfaat ? bila iya, mohon sekiranya bisa di search ke sosial media yang anda miliki agar teman-teman yang lain mengetahui dan dapat menerapkan cara dan pandan pada artikel ini.

Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Baca Juga Manfaat Susu Kambing Untuk Kesehatan