Proses Pengolahan Susu Kambing Etawa Menjadi Susu Bubuk Organik

susu kambing etawa susu kambing etawa

Proses Pengolahan Susu Kambing Etawa Menjadi Susu Bubuk Organik

Proses cara pengolahan susu kambing etawa cair menjadi susu kambing bubuk yang mampu bertahan [kadaluarsa] mencapai 2 tahun. Proses ini di sebut pasteurisasi dengan memanaskan susu kambing segar yang memiliki tujuan untuk membunuh bakteri pada susu cair agar khasiat yang ada pada susu kambing tersebut tidak hilang [rusak] karena terinfeksi bakteri, sehingga kualitas susu hasil pasteurisasi akan tetap terjaga khasiatnya. cara mengolah susu kambing menjadi bubuk hampir sama prosesnya dengan pembuatan susu sapi bubuk, susu kedelai bubuk, susu unta bubuk dan lain sebagainya.

Oleh karena itu bagi anda yang bertanya - tanya bagaimana cara pengolahannya ?, jawabannya sama dengan pengolahan susu jenis lain, hal ini sudah umum di indonesia maupun di negara lain, yang menjadi pembeda susu kambing dengan susu jenis lain adalah khasiat dan manfaatnya yang berguna untuk kesehatan yang di ambil dari kandungan susu kambing tersebut, sehingga lebih bermanfaat lagi bila pengolahan di lakukan dengan benar dan tidak mengurangi komposisi kandungan susu yang ada, selalu memeriksa dan meneliti terlebih dahulu apa yang di lakukan akan menjadi lebih baik.

pengolahan susu kambing

Banyak peternak kambing yang bermunculan di tahun ini, proses pengolahan susu kambing yang mereka lakukan adalah dengan membekukan susu kambing cair yang sudah dalam kemasan plastik. Alasan peternak melakukan proses pembekuan adalah untuk menjaga kandungannya tetap terjaga 100%, sehingga proses lainnya di anggap dapat mengurangi kandungan susu kambing ketika terjadi penguapan pada saat di panasi, Namun kenyataan di lapangan tidak sesuai, karena produk susu kambing bubuk yang sudah banyak beredar sama manfaatnya dengan susu kambing etawa segar tidak ada perubahan manfaat atau kandungan setelah proses pengolahan susu kambing. Hal ini dipengatuhi oleh cara pengolahan yang tepat.

Justru para peternak kambing sekarang banyak beralih ke pengolahan susu kambing bubuk yaitu Spray Dryer, karena kalah bersaing di lapangan dengan peredaran susu kambing bubuk, susu kambing segar yang di bekukan hanya dapat bertahan paling lama 1 minggu saja, setelah  8 hari susu beku tersebut akan mudah dirusak oleh mikro organisme yang berkambang pada susu beku sehingga kandungan susu kambing yang ada rusak karena terinfeksi bakteri jahat perusak gizi yang ada pada susu kambing tersebut, hindarilah hal tersebut, untuk mendapatkan susu yang baik dalam nilai gizi.

Beberapa cara yang dapat di lakukan dalam proses mengolah susu kambing yang masih segar, baru perah, menjadi susu bubuk yang alami dan tingkat kadaluarsanya juga semakin lama, sehingga anda dapat menyimpan dalam waktu yang lama, dan tidak perlu takut basi, anda tidak perlu menyimpan di kulkas dan sejenisnya, cukup di toples atau di kemas.


✓ Proses Pengolahan Susu Kambing Etawa Dengan Cara Tradisional

Siapkan susu kambing cair secukupnya pada panci atau wajan yang akan di olah menjadi susu bubuk.

Panaskan di atas kompor atau pengapian yang lainnya.

Dengan api yang kecil [30- 35 derajat celcius], dengan waktu 10-15 menit tergantung banyaknya susu cair.

Aduk-aduk olahan susu yang di panaskan di panci sesuai dengan waktu yang telah di tentukan.

Dengan pengadukan yang pelan agar butiran tidak pecah.

Sebelum waktu pemanasan habis, kira-kira sudah berjalan 1-2 menit tambahkan gula.

Pilihan [gula pasir dan jenis lainnya] dengan jumlah secukupnya sesuai volume susu cair.

Tunggu hingga susu cair yang di panasi membentuk butiran-butiran kecil dan mengkristal.

Segera matikan kompor dan diamkan beberapa saat pada wadah lainnya.

Jika anda ingin menambahkan varian rasa lain seperti cokelat, kopi gingseng, jahe merah, strawbwerry, gula aren, madu, kurma dan lainnya, bisa.

Tambahkan pada proses selanjutnya, tetapi bila bahan perasa lainnya berbentuk cair bisa di tambahkan pada saat proses pemanasan.

Langkah selanjutnya adalah menyiapkan blender atau alat sejenisnya.

Masukkan semua bahan seperti butiran kristal susu kambing dan varian rasa seperti tersebut di atas.

Blender semua hingga bahan tercampur dengan halus dan lembut seperti lembutnya susu bubuk pada umumnya.

Simpan dalam plastik atau toples yang sangat rapat untuk konsumsi sendiri.

Sehingga tidak terinfeksi oleh bakteri dari luar secara langsung maupun melalui perantara.

Untuk usaha kecil biasanya langsung di packing dalam kantong foil ukuran sesuai keinginan dengan di dukung alat press untuk merapatkan potongan foil.

Prosesnya sudah selesei, apakah anda ingin mencoba?.

Selamat mencoba semoga berhasil, dan bisa untuk stok konsumsi keluarga atau anda ingin belajar usaha susu kambing etawa ?, susu kambing saat ini sudah memiliki banyak produk seperti premen, dodol, kripik dan produk-produk susu kambing lainnya.


✓ Proses Pengolahan Susu Kambing Etawa Dengan Cara Spray Dryer 

Segera siapkan susu kambing cair yang ingin di olah menjadi susu etawa bubuk.

Dan juga bahan lain seperti varian rasa bila menginginkan varian rasa sesuai kesukaan.

Siapkan kain atau alat lain yang menyerupai saringan.

berguna untuk menyaring susu cair tersebut yang mungkin saat proses pemerahan bisa tercampur dengan kotoran atau bahan lainnya.

Sehingga saat proses pengolahan susu kambing menjadi susu kambing etawa bubuk,
tidak tercampur oleh kotoran atau bahan lain.

Ketika semuanya sudah siap.

Keluarkan mesin Spray Dryer dan hubungkan dengan arus listrik.

Lalu masukkan bahan susu cair yang sudah di saring tadi ke dalam mesin Spray Dryer.

Dan jalankan mesinnya dengan tombol on.

Tunggu hingga proses selesei.

Hasilnya akan keluar sendiri pada selang mesin dan wadah yang sudah di siapkan.

Untuk cara pengolahan Spray Dryer memang lebih mudah, anda hanya menyiapkan bahan-bahan dan mesin Spray Dryer yang akan bekerja menghasilkan susu bubuk secara otomatis, tetapi bila anda beli mesinnya, harganya lumayan mahal berkisar antara Rp. 15.600.000,- sampai Rp. 22.500.000,- tergantung kapasitas mesin tersebut dapat menampung berapa liter volume susu olahan, sehingga semakin besar kapasitasnya, juga semakin besar harga mesin Spray Dryer.

mesin spray dryer

Rata-rata pengolahan menggunakan Spray Dryer ini,dapat memakan waktu kurang lebih 3 - 7 jam tergantung mesinnya juga, hal ini akan di pengaruhi oleh komponen yang ada di dalam mesin Spray Dryer, semakin tinggi memungkinkan semakin cepat pengolahan susu, walaupun mahal tetapi kerjanya ringan, anda hanya mengawasi kelancaran berjalannya mesin, mungkin ada gangguan teknis, bila hal itu terjadi saat proses berjalan.

Proses pengolahan di atas sudah umum di lakukan oleh pelaku usaha rumahan atau pun pembisnis besar di indonesia. bila anda tertarik bisa mencobanya, coba-coba saja untuk konsumsi sendiri, yang perlu di ingat adalah jangan pernah langsung minum susu kambing atau pun susu lainnya yang baru habis di perah, karena masih mengandung bakteri yang justru dapat menyebabkan hal-hal yang tidak di inginkan.

Semoga posting artikel terbaru tentang cara pengolahan susu kambing etawa cair menjadi susu kambing bubuk etawa dapat bermanfaat dan bisa di manfaatkan sebaik mungkin untuk pengalaman pribadi. Bagikan bila menurut anda bermanfaat.

Selamat mencoba,
Trimakasih.

Baca Juga Manfaat Susu Kambing Untuk Kesehatan