1001 Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan dan Kecantikan

susu kambing etawa susu kambing etawa

1001 Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Tersimpan khasiat dan manfaat asli jeruk nipis untuk kesehatan dan kecantikan yang dapat di peroleh secara alami dari kandungan nutrisi dari jeruk nipis. Banyak yang menggunakan manfaat dari air jeruk nipis ini dalam berbagai hal seperti tambahan penyedap rasa atau penghilang bau saat memasak di dapur oleh ibu rumah tangga, di gunakan untuk perawatan kulit wajah oleh banyak orang untuk menutrisi kulit wajah, dan beberapa orang lainnya sering menggunakannya sebagai saran alternatif dari beberapa masalah kesehatan yang mereka alami. Apakah anda juga sering menggunakannya ?, ya mungkin.
jeruk nipis
Jeruk nipis [citrus aurantifolia] merupakan buah hijau yang berukuran kecil-kecil, rasanya asam dan sedikit pahit. Ternyata, walaupun buahnya kecil, memiliki banyak manfaat untuk kesehatan yang tanpa di sadari banyak masyarakat yang menggunakannya. Kandungan dari jeruk nipis sendiri antara lain adalah asam folat, zat besi, asam sitrat, kalsium, fosfor, vitamin [ A, B1, C ], micronutrient, mineral, flavonoid, serat dan kalori, yang bisa di dapatkan di dalam air jeruk nipis.

Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan Tubuh

✓ Manfaat Untuk Diabetes

Jeruk nipis [ buah sejenisnya ] merupakan sifat glikemik yang rendah, yang artinya bahwa jeruk nipis tidak mengakibatkan kenaikan kadar glukosa secara tiba-tiba tanpa anda sadari sebelumnya.

Serat yang tinggi terdapat pada jeruk nipis dapat membantu mengendalikan penyerapan makanan oleh tubuh ke dalam aliran darah, sehingga dapat membantu mengurangi naiknya kadar glukosa yang bagus untuk penderita penyakit diabet tanpa resiko. [ asosiasi diabetes amerika ].

Kebiasaan minum jeruk nipis bagi penderita diabetes bukan kebiasaan yang buruk, justru bila rutin di lakukan dan tidak berlebihan akan memberikan efek yang baik bagi kesehatan pengidap diabetes.

✓ Manfaat Untuk Jantung Sehat

Kandungan serat pada jeruk nipis selain untuk diabet dalam menyeimbangkan gula darah, juga untuk menekan agar tidak muncul kolesterol yang buruk [ LDL ] dengan cara membantu tekanan darah menjadi lebih rendah.

Hal ini merupakan langkah dalam mencegah terjadinya stroke dan penyakit jantung yang di lakukan oleh serat larut dari air dari jeruk nipis dengan membantu meringankan pembuluh darah mengalami peradangan.

Hal ini juga di pengaruhi oleh aktifitas pekerjaan yang tidak membuat stres, sehingga tingkat stres yang rendah karena pekerjaan tidak akan memicu tekanan darah tinggi, sering-seringlah refresing walaupun hanya beberapa jam saja.

✓ Manfaat Untuk Sistem Limpa

Limpa merupakan salah satu jenis sel darah putih yang berhubungan dengan produksi limfosit yang memperoduksi anti bodi untuk meningkatkan kekebalan tubuh dari serangan penyakit.

Sehingga cairan tubuh yang berkurang saat tidur lama akan tergantikan saat anda bangun dan minum jeruk nipis, untuk cara minumnya sesuai selera anda bisa di buat es jeruk, jus jeruk dan lain sebagainya.

✓ Manfaat Sebagai Anti Kanker

Jeruk nipis mempunyai kandungan antioksidan yang membantu mencegah pertumbuhan sel kanker dan melawan kanker, dengan menjaga kestabilan kadar asam di dalam tubuh sehingga dapat menetralisir perkembangan sel kanker semakin kecil.

Hal ini dapat menjadi langkah pencegahan penyakit kanker bila anda rutin mengkonsumsi jeruk nipis paling minimal sehari 1 kali. Jagalahkesehatan anda karena kanker merupakan penyakit yang berbahaya untuk kesehatan baik wanita maupun pria memiliki resiko kanker, lebih baik mencegah dari sekarang, darri pada nanti terlanjur parah.

✓ Manfaat Untuk Metabolisme [ Pencernaan ]

Jeruk nipis mengandung flavonoid yang dapat membantu memberikan rangsangan sistem pencernaan dengan meningkatkan proses pencernaan, asam dan empedu dalam bentuk cairan air jeruk adalah pemicunya.

Sehingga gerak peristaltik dapat di rangsang dengan sangat baik di dalam sistem pencernaan tubuh. Metabolisme yang berantakan akan dapat di atasi dengan baik.

✓ Manfaat Untuk Pemaksimalan Otak

Jeruk nipis mengandung potasium dan juga magnesium yang membantu dalam memaksimalkan sumber energi.

Sehingga dengan energi yang bagus akan memberikan konsentrasi yang tinggi dalam melakukan aktifitas.

✓ Manfaat Untuk Ganguan Pencernaan

Kandungan flavonoid yang di miliki jeruk nipis secara spsesifik terdapat pada produk fix, in-haler dan alat penguapan lainnya yang anti kongestif dapat mengatasi sesak nafas dan rasa mual hanya dengan menghirup aroma prodak tersebut yang di dekatkan pada hidung. Tentu hal ini sudah sering anda lakukan.

 ✓ Manfaat Untuk Sakit Ambeien

Kandungan manfaat jeruk nipis dapat di gunakan untuk keluhan terhadap ambein.

Cara yang dapat anda lakukan adalah sebagai berikut :

Siapkan 3 jeruk nipis [ belah menjadi 2 bagian ].

Siapkan juga 20 gram akar dari pohon jeruk nipis yang sudah di cuci hingga bersih.

Silakan rebus semua bahan [ jeruk nipis dan akar pohon ] kurang lebih 20 - 30 menit, tunggu sampai air mendidih.

Setelah mendidih dan di pindahkah, segera saring air rebusan tersebut.

Simpan di tremos, dan minum 3 - 4 kali dalam sehari.


✓ Manfaat Untuk Radang Persendian

Penyebab umum yang terjadi ketika persendian terasa sakit adalah penumpukan asam urat yang berlebihan. buah jeruk nipis memiliki kandungan asam sitrat yang dapat menguraikan asam urat berlebih.

Sifat anti inflamasi jeruk nipis bisa di gunakan untuk keluhan peradangan. Kandungan jeruk nipis tersebut dapat meningkatkan jumlah asam urat yang nantinya akan di keluarkan melalui saluran kencing.

✓ Manfaat Untuk Sakit Demam

Penderita demam dapat minum air jeruk nipis hangat 3 gelas dalam satu hari secara bertahap yang mengandung vitamin C dapat menurunkan tingkat demam yang tinggi.

Hal ini di lakukan untuk menetralisir infeksi bakteri demam yang merusak keseimbangan sistem tubuh [ kekebalan ].

✓ Manfaat Untuk Asam Urat

Asam urat terjadi karena infeksi bakteri [ racun ] dan terjadinya radikal bebas di dalam tubuh. Sumber detoksifikasi flavonoid, vitamin C dan antioksidan mampu mengurangi pemicu infeksi racun dan mengurangi radikal bebas dengan proses detok alami, perlu di imbangi dengan minum air putih yang banyak.

✓ Manfaat Untuk Kandung Kemih

Jeruk nipis mengandung kalium tinggi yang bagus untuk menghancurkan pengendapan zat racun yang berada di kandung kemih dan ginjal.

Sistem kandung kemih yang terinfeksi dapat di bantu dengan sifat sinfektan air jeruk dengan cara kerjanya yaitu membersihkan sumbatan pada air seni yang di akibatkan oleh penumpukan kalsium pada saluran kandung kemih.

✓ Manfaat Untuk Diet Seimbang

Program diet biasanya sering di lakukan banyak orang untuk menjaga berat badan, mungkin termasuk anda ? namun, sayangnya banyak yang salah melakukan cara dietnya, sehingga bukannya langsing malah tingkat kesehatan jadi menurun.

Bila anda rutin konsumsi air dari buah jeruk nipis tentunya metabolisme pencernaan tubuh anda akan bagus, secara tidak langsung berat badan tubuh anda akan stabil.

Jadi, anda tidak perlu membuang - buang waktu dan biaya untuk melangsingkan tubuh, cukup dengan rutin minum jeruk nipis 3 kali dalam sehari, imbangi dengan olahraga teratur dan istirahat yang cukup.

Hal ini akan membantu anda dalam mendapatkan khasiat jeruk nipis untuk menurunkan berat badan secara alami sehingga tubuh tetap sehat. Anda tahu manfaat buah kelapa ? sangat bagus sekali bila di padukan dengan jeruk nipis.

Manfaat Untuk Melancarkan Bab

Kebiasaan ini sering terjadi pada anda yang doyan makan - makanan berat, tetapi tidak mengetahui bila memiliki masalah pencernaan yang kurang baik sehingga berpengaruh pada saat buang air besar yang kesulitan.

Bila anda rutin konsumsi jeruk nipis, metabolisme akan lancar bukan ?
Bila metabolisme lancar tentu buang air besar akan lancar juga.

✓ Manfaat Untuk Bau Badan Tidak Sedap

Bau badan dapat di netralisr dengan jeruk nipis, bagaimana caranya ?

Siapkan jeruk nipis secukupnya.

Belah menjadi 2 bagian.

Usapkan irisan jeruk nipis pada bagian yang berbau tidak sedap.
bisa pada bagian tangan, kaki, ketiak, muka, dan bagian tubuh lainhya.

Pengolesan sebaiknya di lakukan setelah mandi, dimana kondisi tubuh bersih.

Diamkan selama 7 - 10 menit agar nutrisi bisa di serap oleh tubuh.

Nb: Anda juga dapat menggunakan daun dari jeruk nipis untuk menghilangkan bau badan secara alami dengan menumbuk daun tersebut sampai halus, oleskan seperti cara diatas.


Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan Kulit

✓ Manfaat Untuk Menghilangkan Noda Hitam

Noda hitam pada wajah banyak di alami, mungkin ada juga ?, dengan air dari jeruk nipis dapat menutrisi kulit muka dengan gen aktif penghalus dan pemutih wajah secara alami.

Oleskan irisan jeruk nipis pada wajah yang terdapat noda hitam atau seluruh wajah, waktu yang di perlukan adalah 20 menit sampai setengah jam.

Untuk mendukung proses tersebut di harapkan anda tidak kobtak langsung dengan cahaya matahari, sebab sifat jeruk nipis sangat sensitif terhadap cahaya ultra violet [ berdiam di rumah selama proses tersebut sangat di sarankan ].

✓ Manfaat Untuk Menghilangkan Jerawat

Anda tahu kalu jeruk nipis memiliki sifat anti biotik yang mengurangi langkah perkembangan kuman dan bakteri.

Paduan yang tepat untuk mendukung dalam menghilangkan jerawat membandel adalah menggunakan susu kambing etawa yang memiliki sifat anti bakteri lebih kuat dalam menutrisi kulit lebih alami, sehingga dapat mempercepat proses menghilangkan jerawat yang bendel.

Muka yang berjerawat biasanya memiliki pori-pori yang besar sehingga dengan banyaknya aktifitas di luar ruangan menyebabkan virus atau kuman mudah menginfeksi jaringan pori-pori sehingga terinfeksi bakteri dengan mudah.

✓ Manfaat Untuk Mengencangkan Pori - Pori

Jeruk nipis sendiri mempunyai sifat astringent yang dapat di manfaatkan untuk mengecilkan pori-pori yang sebelumnya lebih terbuka lebar, sehingga dapat mengurangi minyak yang di produksi kulit melalui pori-pori, efek baiknya kulit akan lebih bersinar dan cerah.

Banyak produk kecantikan di jaman sekarang yang menggunakan ekstrak jeruk nipis untuk kecantikan dan kelembutan kulit, tetapi menggunakan jeruk nipis asli akan lebih alami.

Bila anda rajin mengkonsumsi jeruk nipis atau mengoleskannnya pada kulit akan memberi banyak manfaat untuk kulit muka dan seluruh tubuh.

Manfaatnya untuk kulit antara lain :

Bisa mengatasi flek hitam yang muncul akibat jerawat.

Meregenerasi sel kulit mati dan menjaga sel bagus yang sudah ada.

Menutrisi kulit dengan sangat alami sehingga mencegah penuaan kulit.

Kulit akan terlihat lebih cerah dan bersinaralami.

Dapat mendukung kelembapan alami pada kulit.


Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan Rambut

✓ Manfaat Untuk Pertumbuhan Rambut

Vitamin C pada jeruk nipis dapat membantu menutrisi kulit rambut dengan alami, kebanyakan orang saat ini mengalami kerontokan rambut yang lama - kelamaan akan botak.

Sehingga menggunakan sarana alami perlu dilakukan dengan memanfaatkan jeruk nipis sebagai shampo alami rambut.

Banyak produk yang menggunakan ekstrak dari jeruk nipis sebagai bahan dasar.

✓ Manfaat Untuk Membasmi Ketombe

Rebus potongan jeruk nipis hingga mendidih.

Bilas rambut anda dengan rebusan jeruk nipis yang sudah dingin.

Diamkan dalam dalam beberapa menit agar nutrisi dapat di uraikan.

Setelah itu bilas rambut dengan air bersih secara merata.

Lakukan secara rutin hingga ketombe hilang.

✓ Manfaat Untuk Rambut Hitam Dan Sehat Berkilau

Rambut yang hitam berkilau tentu sangat di harapkan oleh semua orang, pasti anda juga mau kan ? cara yang bisa anda lakukan sangat mudah dan murah meriah.

Basuh rambut anda dengan air yang sudah di rebus dengan jeruk nipis secara merata
[ pada bagian atas artikel tadi sudah di tulis ].

Lalu jemur rambut yang sudah di basuh dengan jeruk nipis tadi langsung dengan sinar matahari

Jangan terlalu lama untuk berjemur dibawah terik matahari, bisa-bisa anda jadi gosong, hehehe.
Melakukannya cukup 45 menit saja.

Setelah itu langsung bilas rambut anda dengan air besih.

Cara ini sebaiknya di lakukan di pagi hari agar tidak kepanasan dari terik matahari, lakukan secara rutin cara alami ini, tidak mungkin satu kali melakukannya dapat menghasilkan hasil yang maksimal. perlu ketlatenan dan kesabaran untuk mendapatkan rambut yang hitam berkilau, tidak semudah dengan apa yang anda bayangkan setelah membaca artikel ini.

Biasakan minum jeruk nipis secara rutin agar mendapatkan kesehatan yang alami, dan silakan mencoba cara-cara di atas untuk kesehatan kulit dan juga rambut. Perlu di ingat bahwa cara ini di lakukan dengan rutin dan seimbang, jangan sampai melakukannya secara berlebihan karena dapat berakibat tidak baik bila melakukan di luar batas kewajaran.

Sebaiknya cara menerapkan jeruk nipis untuk kesehatan kulit tidak langsung pada kulit, tetapi memakai perantara seperti air melewati proses perebusan dahulu, kenapa seperti itu ?. Sebaiknya anda perlu mengetahui bahwa tidak semua orang memiliki kulit yang sama sehingga beberapa orang akan sensitif terhadap jeruk nipis yang langsung di gunakan pada kulit.

Berbeda bila di minum, itu baik untuk orang dewasa sehingga efeknya sangat baik untuk kesehatan. Bila anda sudah tahu semua tentang khasiat jeruk nipis bagi kesehatan baik tubuh, rambut, kulit, maka terapkanlah sesuai porsinya.

Jika artikel tentang manfaat jeruk nipis ini bermanfaat untuk anda, bolehlah untuk di rekomedasikan untuk keluarga dan teman-teman anda lewat sosial media twitter, linkedin, instagram, facebook, google+ dan sosial media lainnya atau pun secara langsung agar semua orang dapat merasakan manfaat dari buah jeruk nipis sehingga kesehatan terjaga alamiah.

Baca Juga Manfaat Susu Kambing Untuk Kesehatan